Widget HTML Atas

Keutamaan dan keistimewaan Bulan Rajab

Keutamaan dan keistimewaan Bulan Rajab

Seperti yang kita alami sekarang bahwa saat ini sudah masuk bulan Rajab. Tak terasa waktu begitu cepat dan semoga kita bisa sampai kepada bulan Ramadlan yang penuh berkah. Aamiin.

Salah satu amalan yang paling sering dilakukan umat Islam adalah Puasa Rajab. Mengapa puasa Rajab populer dilakukan saat bulan Rajab tiba? Apakah ada keistimewaan tersendiri atau hanya sebuah tradisi? Adakah Keutamaan bulan Rajab lainnya? Berikut jawabannya.

1. Bulannya Allah yang penuh Rahmat dan Kasih Sayang.


Nama Rajab diambil dari huruf Ra’, Jim dan Ba’ yang masing-masing nya punya penafsiran atau maksud sendiri. Jika ditafsirkan setiap huruf tersebut menjadi Ra’ = RAHMATULAH, Jim = JARMIL ‘ABDI, Ba’ = BIRRULLAHI TA’ALA. Yang seolah-olah dikatakan : “Hai Hamba-Ku. Kujadikan dosa-dosa dan Kebaikanmu diliput dengan Rahmat-Ku, maka tiada tetap dosa-dosamu berkat kemulyaan bulan Rajab. (Majlisul Anwar)

Dikatakan juga dalam sebuah riwayat yang Shahih seperti Sabda Nabi saw. :”Bahwasanya Rajab itu bulan Allah, Sya’ban bagiku dan Ramadlan bagi umatku.”.Dengan hal itu betapa mulyanya ketiga bulan tersebut yang dimana dapat menjadi ladang pahala bagi orang yang beruntung.


Dijelaskan juga pada Al-Qur’an yaitu :”Bahwasanya hitungan bulan di sisi Allah itu 12 bulan yang ditetapkanNya sewaktu langit dan bumi diciptakan, diantaranya 4 bulan haram yakni (Dzulqa’idah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab yang haram berperang dalam bulan-bulan tersebut). Al-ayat (QS. Taubah:36).

Maka tak salah jika bulan Rajab adalah bulan yang penuh kasih sayang yang dimana pada bulan tersebut kaum muslimin dilarang untuk melakukan peperangan.

2. Isra’ Mi’raj nya Nabi Muhammad dan awal perintah Sholat.


Dalam kitab Nurul Yaqin bahwa nabi berIsra’ Mi’raj pada tanggal 27 Rajab pada malam hari yang dimana beliau melakukan perjalanan dari Mekkah ke Palestina (Baitul Maqdis) dilanjutkan ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Sholat 5 waktu yang kita kerjakan saat ini. Sebelum peristiwa tsb, Nabi ditinggal oleh 2 orang yang sangat dicintainya yaitu pamannya Abu Thalib yang telah membelanya dari ancaman Kafir Quraisy dan disusul istri tercintanya yaitu ibunda Siti Khadijah. Untuk itu Allah menghibur beliau dengan memerjalankannya di tengah gelap gulitanya malam untuk mendapatkan wahyu perintahNya. Maka tak salah betapa agungnya bulan Rajab ini karena merupakan bulan yang diturunkannya perintah sholat 5 waktu.


3. Puasa Rajab.


Hukum Puasa Rajab yaitu Sunnah. Biasanya Umat Islam mengambil hari Pertamanya saja, ada juga yang sampai 3 hari, 7 hari, 10 hari, bahkan satu bulan penuh. Diantara Fadhilah puasa Rajab menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra. Bahwasanya : “Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa selama 3 tahun. Di hari kedua dapat menghapus dosa selama 2 tahun. Di hari ketiga dapat menghapus dosa selama setahun dan di setiap hari sesudah itu menjadi penghapus dosa selama 1 bulan.


Semoga kita dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT. agar senantiasa mengisi bulan ini dengan penuh kebaikan. Sebenarnya masih banyak keutamaan lain bulan Rajab yang tidak saya jelaskan, mungkin bisa dilain waktu. Komentar dan kritikan yang membangun yang saya harapkan. Semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar untuk "Keutamaan dan keistimewaan Bulan Rajab "

Berlangganan via Email