Widget HTML Atas

Ilmu Tentang Darah Wanita I 1

Ilmu Tentang Darah Wanita I 1

ilmu tentang darah wanita membaahas diantaraanya :
TENTANG HAID
A. Apakah Haid Itu? Sudah menjadi kodrat kaum wanita, yang memasuki usia akil balig (sekitar usia 9 th hijriyah atau lebih) mengeluarkan darah melalui kemaluannya.[1] Dari mana darah itu berasal ? Darah itu berasal dari rahim. Itulah yang disebut darah haid. Dan untuk selanjutnya darah itu akan keluar secara berkala biasanya sebulan sekali. Wanita yang usai melahirkan juga mengalami pendarahan. Itu bukan haid melainkan nifas. Jadi haid adalah darah yang keluar dari rahim secara berkala melalui kemaluan – bukan setelah melahirkan– pada usia dewasa (9 tahun hijriyah).

B. Bagaimana Hukum Belajar Haid? Belajar haid bagi wanita adalah fardlu ain (wajib bagi setiap orang). Sebab haid terkait dengan berbagai kewajiban sebagai muslimah, semisal tentang shalat yang wajib dikerjakan dll. Dan setiap setiap wanita pasti mengalaminya. Karena belajar haid itu fardlu ain maka suami tidak boleh melarang istrinya keluar rumah untuk belajar haid. Dan si istri tetap wajib keluar walau dilarang suami. Kecuali bila suami sanggup belajar lalu mengajarkan kepada istrinya.[2] Bagaimana jika suami bisa mendatangkan guru ke rumah agar bisa mengajari istrinya ? Apakah suami tetap tidak boleh melarang istrinya keluar rumah untuk belajar haid? Saya tidak menemukan keterangan pada situasi yang sedemikian. Pandangan saya suami tetap tidak boleh melarang istrinya untuk belajar di luar. Hal ini sesuai maqalah "Ilmu itu didatangi bukan datang". Jadi bukan guru yang mendatangi kita melainkan kita yang mendatangi guru. Bagi kaum pria belajar haid juga wajib. Namun bukan fardlu ain melainkan fardlu kifayah. Artinya jika di suatu daerah sudah ada yang mengerti tentang haid, maka yang lain sudah tidak wajib belajar. 

C. Berapa Usia Wanita Bisa Haid? Darah yang keluar melalui kemaluan wanita bisa disebut haid jika perempuan itu setidaknya sudah berumur 9 tahun kurang 16 hari Hijriyah.[3] Jika keluar darah sebelum mencapai usia tersebut maka tidak disebut haid. Perhatikan contoh berikut :
 Download Ebook 


Tidak ada komentar untuk "Ilmu Tentang Darah Wanita I 1"

Berlangganan via Email