Widget HTML Atas

Destinasi Kota Malang | CFD


destinasi kota malang | cfd
Malang adalah salah satu kota di jawa timur yang memiliki suhu daerah yang dingin, selain kota dingin malang juga memperoleh julukan kota pendidikan cocok saja sesuai namanya “ Kota Pendidikan “ Di malang banyak terbangun perguruan tinggi negri maupun sawata yang banyak di impikan oleh banyak pelajar indonesia. Selain banyak nya perguruan tinggi di malang juga banyak terbangun destinasi yang membuat betah pengunjungnya , ada sebuah Destinasi di Kota Malang yang diadakan oleh pemerintah untuk kegiatan olahraga , bersenang senang dan rekreasi keluarga bagi masyarakat malang .

Destinasi tersebut hanya ada pada hari minggu pagi saja , ya CFD (Car Free Day ) , Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. 

Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor atau pun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.Di malang car free day terletak di jalan besar ijen kota malang ,  Sebuah jalan yang cantik dengan pohon palem dan taman di tengah yang tak kalah jelitanya. Kalimat itu mungkin dapat digunakan oleh banyak orang untuk menjelaskan kondisi jalan Ijen di kota Malang. Salah satu penyebab munculnya predikat sebagai kota yang indah dan cantik bagi Malang tak lain didapat berkat jalan yang satu ini.

Sebagai sebuah wilayah yang menjadi landmark bagi kota Malang, jalan Ijen merupakan salah satu tempat yang didatangi atau sekedar dilewati oleh wisatawan ketika ke kota ini. Keelokan dari jalan ini bertambah sempurna dengan beberapa titik yang dapat digunakan untuk bersantai dan berfoto. Sejak pertama kali dibangun, predikat sebagai jalan yang indah tidak pernah lepas dari tempat ini.

Sedikit Sejarah Jalan Ijen Kota Malang


Jalan Ijen sendiri merupakan salah satu mahakarya dari seorang arsitek Belanda yang cukup ternama, Ir Herman Thomas Karsten. Dengan memperhatikan keindahan serta konektivitas dengan bagian yang lain di kota, Karsten mulai merancang jalan Ijen sebagai daerah perumahan mewah bagi banyak pejabat. Pembangunan wilayah ini sendiri dilakukan oleh Karsten pada tahun 1935 dengan perencanaan tata kota yang sesuai sampai tahun 1960.

Bentuk jalannya sendiri dibuat menjadi boulevard, yaitu jalan kembar dengan pembatas berupa taman di bagian tengah. Di sebelah kanan dan kiri juga diberi pohon palem untuk mempercantik penampilan dari jalan tersebut. Rumah-rumah yang ada di jalan Ijen sendiri pada masa itu banyak dihuni oleh pejabat Hindia Belanda.Rumah-rumah di Ijen sendiri dibangun dengan tipe vila. Bangunan ini biasanya hanya terdiri dari satu lantai dengan langit-langit dan atap yang cukup tinggi dan curam. 

Bentuk itu dibuat karena menyesuaikan dengan hawa kota Malang yang cukup sejuk dan memiliki curah hujan tinggi. Selain itu desain tiap rumah juga dilengkapi dengan taman. Bentuk bangunan ini masih dapat ditemui pada beberapa rumah di Ijen contohnya yang berada di pojok antara jalan Ijen dan jalan Pahlawan TRIP.

Destinasi Kota Malang | CFD

Keindahan jalan ini semakin bertambah dengan adanya gereja di sudut antara jalan Ijen dengan Guntur dan Buring. Saat ini, daerah itu juga merupakan titik yang sangat favorit bagi banyak orang untuk berfoto. Berbagai keindahan yang dimiliki oleh jalan Ijen saat ini merupakan sebab dari perencanaan yang cukup indah dan tepat pada masa lalu. Tak heran bahwa pada masa lalu daerah Ijen ini pernah disebut sebagai kawasan yang paling cantik di Hindia Belanda.

Dalam perkembangannya, jalan Ijen mengalami banyak perubahan dibanding masa lalu. Yang paling terasa adalah perbuahan bentuk dari banyak rumah serta semakin padatnya volume kendaraan yang melewatinya. Namun segala hal itu tetap tidak mengurangi pesona dari jalan ini sebagai salah satu jalan yang paling cantik dan memiliki penataan yang indah. Tentu saja keindahan bentuk ini serta berbagai khasanah peninggalan dari masa Hindia Belanda yang ada di wilayah tersebut perlu tetap dijaga agar keindahan Ijen tidak hanya jadi sejarah.


Macam – Macam Kegiatan Saat CFD

1.   Senam Pagi
Destinasi Kota Malang | CFD

Senam Pagi biasa nya dia adakan oleh Radar Malang Yang sekaligus untuk mensosialisasikan program nya , nah Bagi Anda yang malas untuk senam sendiri senam pagi di CFD ini bisa anda ikuti untuk memulai hidup sehat

2.   Bersepeda

Selain Senam pagi Bersepeda juga termasuk dari bermacam macam kegiatan saat CFD , banyak juga dari komunitas gowes yang datang di event ini.

3.   Jual Beli
Destinasi Kota Malang | CFD

Bagi Seorang Pebisnis CFD merupakan momen emas untuk mendapatkan pundi pundi receh , karena dalam acara ini banyak orang berdatangan dengan berbagai macam tujuan

4.   Pertunjukan Bakat

Banyak dari masyarakat berbagai kota di suluruh Indonesia yang tinggal di Malang mengakibatkan kota Malang lebih padat penduduk , disisi lain banyak juga oranng – orang yang memiliki bakat yang luar biasa dan mereka memanfaatkan moment ini untuk unjuk kebolehan di khalayak ramai dengan percaya diri mereka menampilkan bakat mereka dengan lihai ada yang bermain sketboard ada yang bermain bola dan masih banyak bakat yang lain , mereka juga memanfaatkan bakat mereka untuk mendapatkan keuntung.  
Bagi anda yang ingin berkunjung ke Destinasi Kota Malang ini , ada baik nya anda datang lebih pagi karena acara ini di buka mulai pukul 05.00 - 09.00.

Terimakasih.




Tidak ada komentar untuk "Destinasi Kota Malang | CFD "

Berlangganan via Email