Widget HTML Atas

Tips Khusyu' dalam Melaksanakan Ibadah Sholat

TIPS KHUSYU’ DALAM SHOLAT



      Assalamualaikum sahabat MADSUK.COM Bagaimana kabar hari ini ? semoga sehat selalu amin.
Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita bisa bertemu lagi dan membahas tentang bagaimana cara agar sholat yang kita lakukan bisa khusyu’ ? yuk langsung saja di baca artikel di bawah ini …

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ
الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
Artinya:
"Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."(QS.AL- Baqarah : 45 – 46)

  Ayat ini menjelaskan bahwa sholat adalah pekerjaan yang berat kecuali bagi orang yang khusu’ berikutnya ayat di atas menjeaskan tentang ciri – ciri orang yang khusu’ , yaitu orag yang meyakini bahwa ia akan menemui allah SWT pada hari kebangkitan , , kembali kepada NYA untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan selama hidup di dunia 
“ sesungguhnya dia yaitu sholat berat kecuali bagi orang yang khusu’ , yaitu orang teguh tenang pada ketaatan . mereka orang – orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui tuhan nya dengan dibangkitkanya mereka kembali dan bahwa mereka akan kembal kepada NYA di akhirat , lalu allah akan memberikan balasan kepada mereka “ (Tafsir al – jalalain , hal. 11)

  Imam Al – Qurtubi menjelaskan nya dengan membandingkan ibadah sholat itu dangan ibadah puasa beliau berkata : 
“Dalam sholat terdapat kondisi dimna jiwa seseorang “tertawan” sedangkan dalam puasa “hanya” terdapat kondisi dimana manusia harus menahan syahwatnya. Orang yang mencegah satu syahwat tentu berbeda dengan orang yang harus mencegah seluruh syahwatnya . orang berpuasa menahan menahan syahwat perempuan , makan , dan minum . selain itu dia masih diblehkan untu berbicara , berjalan, melihat, dan lainnya yang bisa saja bersentuhan dengan makhluk lain dia bisa rileks dangan semua itu . sebaliknya dengan orang yang sholat tidak boleh melakukan semua itu . seluruh anggota tubuhnya dibatasi dari seluruh jeis syahwat . karena sholat merupakan suatu kondisi yang paling berat bagi jiwa dan untuk memperjuangkan nya diperlukann usaha ekstra , maka dia disebut sebagai sesatu yang berat “ (Tafsir al-Qurtubi,jilid 2, hal.373) 

      Al – Imam Al qurtubi lalu menjelaskan tentang kriteria orang khusyu’  beliau berkata :
“ Khusyu ‘ adalah kondisi hati yang tampak dalam anggota tubuh berupa sikap tenang dan kerendahan . menurut QATADAH , Khusyu ‘ itu di dalam hati dan ia merupakan sikap takut , menundukan pandangan dalam shalat . sedangkan Zajjaj orang khuusyu’ akan tampak ketundukan dan kekhusyuan nya .”

Sekian banyak hadist yang menjelaskan tentang hakikat dan motivasi mengapa orang harus khusyu’ dalam sholat 

Rasulullah bersabda : jika kamu melaksanakan shalat maka shalatlah seperti shalat orag yang berpisah”. (HR.Ibnu Majah 4171)
Terdapat sekian banyak penjelasan yang disampaikan para sahabat rasulullah dan para ulama’ mengenai tips melaksanakan sholat khusyu’ , salah satunya adalah penjelasan dari Hatim Al –Asham . beliau pernah ditanya tentang sholatnya, beliau menjawab :

“jika datang waktu shalat , aku sempurakan wudlu . aku menuju tempat yag aku akan sholat di situ , aku diam terleih dahulu sampai seluruh anggota tubuhku berkumpul , kemudian aku berdiri untuk melaksanakan sholat , aku jadikan ka’bah di antara kedua kelopak mataku , jembatan (shirath) dibawah kedua kakiku , surge di sebelah kananku , neraka di sebelah kiriku , dan malaikat maut ada dibelakang punggugku , aku memposisikan diri bahwa ini adalah shalat teakhirku. Aku melakukan sholat ini antara Rasa harap dan takut , aku aku bertakbir ddengan pasti , membaca bacaaan dengan tartil, ruku’ dengan kerendahan hati sujud dengan rasa takut , duduk tawarruk (tahiyat awwal) dan iftirasy (tahiyat akhir) , aku sertai semuanya dengan ketulusan , kemudian aku tidak tahu apakah sholat ku diterima atau tidak (pasrah)” (Abu Na’im Huliyat al – auliya, jilid 8 hal.74-75) 

Ada tujuh hal dalam sholat yang berasal dari syaitan di antaranya yaitu : mimisan , mengantuk , waswas , atau ragu – ragu , menguap , menggaruk , menoleh , sibuk dengan sesuatu , sebagian ulama menambahkan “ lalai dan ragu “ 

     Kesimpuannya , khusyu ‘ adalah dampaknya dapat dilihat secara lahiriah dalam anggota tubuh tapa di buat buat. Sebaliknya , menampakkan anggota ketundukan anggota tubuh ssecara lahiriah namun melupakan aspek khusyu’ dalam hati adalah perbuatan tercela , bahkan perbuatan kemunafikan . Na’udzubillah. 
Demikian Pembahasan kali ini Semoga Allah mengaruniai kita kemampuan khusyu’ dalam sholat dan dalam setiap lagkah kehidupan kita  . Amin Ya Robbal ‘alamiin.
Wassalam.


Tidak ada komentar untuk "Tips Khusyu' dalam Melaksanakan Ibadah Sholat"

Berlangganan via Email